HomeBisnisProfil Agusman, Anggota Dewan Komisional OJK Baru: Lama Kerja di Bank Indonesia

Profil Agusman, Anggota Dewan Komisional OJK Baru: Lama Kerja di Bank Indonesia

Published on

spot_img


TEMPO.CO, Jakarta – Ketua Mahkamah Agung M. Syarifudin melantik Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) baru yakni Agusman. Sekaligus menjabat sebagai Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiyaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya di OJK.

Agusman resmi duduk di jabatan itu setelah Upacara Pengucapan Sumpah Jabatan dan Pelantikan pada Rabu, 9 Agustus 2023. Dia dilantik berdasarkan mengikuti Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 67/P Tahun 2023.

Lalu, bagaimana profil Agusman? Berdasarkan laman resmi Bank Indonesia, perjalanan karir Agusman dimulai pada 1992. Saat itu, ia mengawali karirnya di Bank Indonesia. Kemudian di tahun 2020, ia menjabat sebagai Kepala Departemen Audit Internal.

Selanjutnya, Agusman pernah menjabat sebagai Kepala Departemen Surveillance Sistem Keuangan (2016-2017), Kepala Departemen Komunikasi (2017-2019), dan Kepala Departemen Pengembangan Pasar Keuangan (2019). Saat ini, Agusman juga diketahui menjabat sebagai Direktur Eksekutif di Bank Indonesia, yakni Kepala Departemen Audit Internal.

Soal pendidikan, pria kelahiran Padang 1965 itu, pernah menempuh pendidikan sarjana bidang akuntansi di Universitas Andalas pada 1989. Kemudian, meraih gelar Master dalam bidang Ekonomi dan Keuangan dari Curtin University of Technology pada tahun 1998. Pada tahun 2006, Agusman memperoleh gelar Ph.D. dalam bidang Perbankan dan Keuangan dari Australian National University.

Iklan

Selain Agusman, ada satu orang lagi yang dilantik menjadi Anggota Dewan Komisioner OJK lainnya. Dia adalah Hasan Fawzi yang resmi menjabat sebagai Kepala Eksekutif Pengawas Inovasi Teknologi Sektor Keuangan, Aset Keuangan Digital dan Aset Kripto.

MOH KHORY ALFARIZI | LAYLA AISYAH

Pilihan EditorProfil Agusman dan Hasan Fawzi, Bos Baru OJK yang Bakal Awasi Pendanaan Startup dan Aset Kripto





Source link

Latest articles

Masyarakat Yogyakarta di Jakarta Anggap Ade Armando Penghina Sejarah Kemerdekaan RI

PERYANYAAN politisi PSI, Ade Armando tentang adanya politik dinasti di Daerah Istimewa Yogyakarta...

Mendag sebut harga bahan pangan di Lampung cenderung stabil

Bandarlampung (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan bahwa harga bahan pangan...

More like this

Masyarakat Yogyakarta di Jakarta Anggap Ade Armando Penghina Sejarah Kemerdekaan RI

PERYANYAAN politisi PSI, Ade Armando tentang adanya politik dinasti di Daerah Istimewa Yogyakarta...